INSYA'ALLAH UPDATE ARTIKEL SETIAP HARI

Tsunami Jepang Menggeser Poros Bumi

Diposting oleh Fadhlillah on Selasa, 15 Maret 2011

Kembali lagi ke topik Tsunami Jepang, ternyata telah mengakibatkan bergesernya poros bumi. Bergesernya poros bumi ini telah memicu berkurangnya hari sekitar kurang lebih 1 mikro detik "SUBHANALLAH".
Berikut artikelnya gan.

Pekan lalu, gempa berkekuatan 9 SR
yang diikuti tsunami dasyat menghantam sebagian wilayah Jepang. Bencana ini menggeser letak pulau yang dekat dengan Amerika Serikat ini dan menggeser poros bumi.

Gempa ini menyebabkan keretakan di kedalaman 15 mil (24 kilometer/km) bawah laut yang membentang sepanjang 186 mil (299 km) dan lebar 93 kilometer seperti dilansir dari Associated Press.
Kepada New York Times, ahli geofisika Ross Stein menyatakan gempa ini mengubah struktur areal yang dekat dengan episentrum gempa. Areal ini mendekati wilayah Amerika Serikat sejauh 13 kaki atau 3,9 meter.

Gempa terbesar kelima di dunia ini disebabkan ketika lempeng tektonik Pasifik di bawah lempeng Amerika Utara yang bergeser sekitar 3,9 m. Gempa ini juga menggeser poros bumi sebesar 6,5 inci, sehingga memperpendek hari sekitar 1,6 mikro detik.

Lebih lanjut gempa ini juga menenggelamkan Jepang sekitar 2 kaki. Seiring tenggelamnya pantai timur Jepang, gelombang tsunami kemudian masuk.

Mengapa gempa memperpendek hari? Massa bumi bergeser ke arah pusat sehingga memacu planet berputar sedikit lebih cepat. Gempa besar 8,8 SR di Chili tahun lalu pun mempersingkat hari dalam hitungan di bawah satuan detik.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Jagalah nama baik walaupun di dunia maya.
Kami akan menghapus komentar yang Tidak sopan, memakai HURUF BESAR (kecuali nama, sesudah tanda(.), dan negara ), berupa caci maki, mengandung kata-kata kebun binatang, debat kusir, provokasi, di luar konteks, berupa undangan/reklame, Komentar yang terlalu panjang tanpa paragraf dan sulit dipahami, Komentar copy-paste.

Isi komentar adalah tanggung jawab penulis komentar, bukan tanggung jawab pengelola situs ini. Harap maklum.
"Jiwa yang baik berasal dari hati yang bersih"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terjemahan

English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Statistik